Selasa, 02 Januari 2024

Bijak Dalam Memanfaatkan Tekhnologi

Bijak Dalam Memanfaatkan Tekhnologi

Perkembangan Tekhnologi Kian Bertambah Pesat Dari Hari Ke Hari, Kehadiran Smartphone Yang Makin Canggih Dan Kehadiran Penyedia Layanan Online Yang Makin Bertambah Banyak, Baik Delivery Makanan, Pesan Barang, Pengantaran Paket, Pengantaran Penumpang Dan Lain Sebagainya 

Namun Sayangnya Perkembangan Tersebut Tidak Diiringi Dengan Edukasi Yang Kontinyu, Alhasil Banyak Di Antara Pengguna, Baik Pihak Resto, Customer, Driver Dan Aplikasi Itu Sendiri Seringkali Mengalami Hal Hal Yang Yang Tidak Di Inginkan Dan Di Luar Dugaan, Karena Minimnya Edukasi Maka Tindak Penyalahgunaan Serta Kemungkinan Human Error' Juga Kejadian Tak Terduga, Seringkali Menghiasi Perjalanan Ekosistem Online ini Di Dalam Masyarakat.

Beragam Kasus Mulai Bermunculan Yang Seringkali Menimbulkan Perselisihan Karena Kesalahpahaman, Bahkan Tak Sedikit Yang Berlanjut Ke Meja Hijau Persidangan Karena Tak Ada Solusi Di Antara Kedua Belah Pihak Sebab Kesemuannya Tak Ada Yang Mau Mengalah.

Satu Contoh Misalkan : 
Customer Order Online Makanan, Kemudian Karena Tidak Terbiasa Titik Pengantaran Meleset Jauh , Sementara Customer Setelah Order Malah Di Tinggal Tidur Ataupun Aktivitas Lainnya, Sehingga Jalur Konfirmasi Via Chat Maupun Telepon Antara Driver Dan Customer Menjadi Sepihak Dan Tak Berbalas, Disinilah Awal Persoalan Terjadi, Karena Customer Merasa Benar Telah Mengeluarkan Biaya Buat Order Sehingga Setelah Melakukan Order Kemudian Ditinggal Begitu Saja, Berfikir Bahwa Persoalan Selanjutnya Adalah Urusan Driver,  Namun Disisi Lain Bagi Driver Tentu Ini Menjadi Sesuatu Yang Menjengkelkan, Sebab Dengan Biaya Jasa Yang Ga Seberapa Driver Di Paksa Buat Menjalankan Order Buta, Karena Customer Ga Bisa Di Konfirmasi, Di Chat Ga Di Balas Di Telpon Ga Di Angkat, Padahal Titik Pengantaran Salah, Ya Kalau Order Tersebut Benar Order Real Bukan Order Fiktif, Hal Tersebutlah Yang Kemudian Menjadi Dilematis Karenanya Di Antara Driver Dan Customer Akhirnya Berselisih Paham Dan Tidak Ada Yang Mau Mengalah, Di Tambah Lagi Bila Setelah Kasus Berakhir Dan Bisa Diselesaikan Lalu Dengan Keusilannya Customer Yang Jengkel Dengan Kejadian Tersebut, Memberikan Penilaian Bintang Satu Atau Dua, Pada Driver, Tindak Tak Terpuji Ini Akhirnya Kembali Menjadikan Sebuah Perkara Yang Sudah Padam Tersulut Kembali, Karena Di Anggap Sebuah Tindak Yang Merugikan Driver Dengan Penilaian Tersebut, Sebab Tanpa Di Sadari Oleh Customer Yang Kesal Berakibat Fatal Pada Driver Yang Harus Mengalami, Kena Sanksi Dari Aplikator Kareana Pelayanan Yang Kurang Baik Berdasarkan Bintang Dari Customer, Tanpa Penilaian Yang Objektif Hanya Berdasar Bintang Di Aplikasi, Yang Kemudian Dari Kejadian Ini Berimbas Pada Driver Minimal Dengan Adanya Penilaian Tersebut Intensitas Serta Peluang Driver Dalam Mendapat Order, Jadi Berkurang Atau Menipis, Sementara Dia Harus Menghidupi Keluarga Di Rumah Dengan Ngojek Serta Harus Membawa Hasil, Sebuah Ketidak Adilan Sistemastis Telah Terjadi Disini, Karena Kesalahan Dan Ketidak Tahuan Dalam Menggunakan Aplikasi.

Sampai Disini Bisa Dilihat Bagaimana Dengan Mudahnya Perkembangan Tekhnologi Justru Menjadi Alat Buat Menyudutkan Salah Satu Pihak, Karena Tidak Adanya Edukasi Terkait Tekhnologi Dan Perkembangannya Begitupun Terkait Dengan Penggunaan Aplikasi Itu Sendiri Telah Memakan Korban Beberapa Pihak Yang Karena Ketidakpahaman Penggunaan Aplikasi Jadi Menyengsarakan Pihak Yang Lainnya.

Bagi Customer Mungkin Selesai Di Situ Persoalan, Karena Kejengkelan Dia Memberikan Penilaian Yang Seenaknya, Customer Puas Namun Disini Driver Yang Harus Menanggung Akibat Dari Keusilan Customer Hingga Sekian Waktu Lamanya, Apakah Kemudian Hal Tersebut Sepadan Dengan Biaya Yang Di Kelurahan Customer Dan Yang Di Dapatkan Driver Berikut Segala Risikonya?... Begitulah Persoalan Ini Seringkali Mengemuka Ke Permukaan Namun Tak Pernah Ada Solusi Dan Titik Temu Yang Membahagiakan Baik Dari Sisi Aplikator Maupun Pemerintah Setempat, Semestinya Hal Hal Seperti Ini Bisa Diminimalisir Dengan Ketegasan Sanksi Dan Regulasi. Yang Jelas Terkait Penggunaan Aplikasi Online Yang Tidak Bertanggung Jawab, Agar Menimbulkan Efek Jera Bagi Pelaku Dan Memberikan Sedikit Keadilan Bagi Korban Dalam Hal Ini Driver Online, Pun Hingga Saat Ini Belum Ada Satupun Regulasi Dan Dasar Hukum Yang Jelas Buat Menindak Pelaku, Sehingga Kasus Tersebut Terus Berulang Hingga Kini.

Kemudian Kasus Lagi Antara Resto Driver Customer Dan Aplikasi Yang Seringkali Terjadi, 

Customer Order Di Resto A Sementara Driver Yang Dapat Order Di Resto A Bergegas Ke Lokasi Resto, Namun Sampai Di Resto Buknnya Order Sudah Di Kerjakan Justru Resto Bertanya Pada Driver 
Ada Orderan Ya Mas ?... Orderannya Apa ?... Pertanyaan Konyol Yang Mustinya Tak Terlontar Dari Resto Pada Driver, Karena Kesemuanya Sebenarnya Sudah Otomatis Masuk Di Aplikasi Resto Terkait Order Dan PIN Order, Alih Alih Di Buatkan Resto Justru Sibuk Mengutak Atik Hp Karena Ordernya Belum Masuk Dan PIN Order Juga Belum Keluar, Kendala Ini Bisa Terjadi Karena Belum Update Aplikasi, Ga Ada Kuota Maupun, Sinyal hp Yang Susah, Kejadian Ini Tentu Saja Sangat Merugikan Sebab Driver Sudah Tiba Di Lokasi Namun Resto Belum Siap Dengan Segala Sesuatunya, Belum Lagi Persoalan Hp Yang Blang Atau Error' Sehingga Akhirnya Order Terpaksa Di Biarkan Dan Tercancel Otomatis Dari Aplikasi Berpindah Ke Driver Yang Lain, Lagi Lagi Dengan Persolan Yang Sama, Karena Customer Sendiri Ketika Di Hubungi Dengan Adanya Kendala Resto Ternyata Tidak Bisa Melakukan Cancel Order, Bisanya Hanya Bikin Order, Dilematis Memang, Dalam Hal Ini Semestinya Pihak Resto Menyadari, Bilamana Memang Belum Siap Jangan Dinyalakan Aplikasinya, Hal Inilah Yang Seringkali Memicu Perdebatan Dan Menjadi Persoalan Yang Serius Ketika Resto Tidak Menyadari Dan Tidak Mau Mengalah Dalam Persoalan Tersebut, Begitulah Sesempurna Apapun Tekhnologi Tetap Ada Celah Yang Mengakibatkan Tidak Singkronnya Antara Driver Dan Resto, Hal Ini Yang Semestinya Sama Sama Di Sadari Agar Kasus Serupa Tak Berulang Kali Terjadi, Ada Baiknya Sebelum Membuka Aplikasi Di Cek Dan Di Persiapkan Dahulu Segala Sesuatunya Tidak Menunggu Adanya Kasus Terjadi. 

Itu Hanya Beberapa Contoh Kasus Saja Belum Lagi Kasus Yang Lainnya Persoalan Antara Driver Dan Resto Ataupun Resto Dengan Customer Dan Lainnya, Setidaknya Dari Kasus Di Atas Kita Bisa Mengambil Benang Merah, Guna Lebih Bijak Dalam Pemanfaatan Tekhnologi Dan Menggunakan Aplikasi Dengan Lebih Cerdas Dan Bertanggung Jawab.

Bila Memang Melakukan Order Lekaslah Di Konfirmasi Biar Driver Tidak Bingung Karena Terkadang Titik Yang Kita Buat Di Aplikasi Bisa Saja Meleset Dan Tidak Pas, Meminimalisir Persoalan Persoalan Yang Mungkin Terjadi Terus Pantai Hp Bilamana Kamu Seorang Yang Bertanggung Jawab Dalam Melakukan Order Online, Sebab Bagaimanapun Driver Juga Manusia, Yang Seringkali Khilaf Karena Misskomu ikasi Antar Kedua Belah Pihak, Mari Sama Sama Saling Menghargai Bukan Saling Egosi antara Satu Dan Lainnya. Terima Kasih 

Dari Basecamp Ojol DFR @pits_Transport Today News Mengabarkan.
# Chanel 7


Tidak ada komentar:

Posting Komentar